Telp
Whatsapp

Jalanan Yang Berlubang

Jalan berlubang dan rusak bisa ditemui di mana saja. Terutama di jalan-jalan desa serta kelurahan yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Jalan-jalan tersebut biasanya adalah jalan aspal yang rusak karena genangan atau wilayah yang rentan banjir.

Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya menemui banyak lubang jalan seperti ini di sekitaran garasi Rental Sewa Mobil Innova di Surabaya juga, meski saat ini telah berkurang banyak jumlahnya disebabkan pembenahan dari waktu-ke-waktu. Tak hanya berlubang, namun terkadang kita juga mendapati adanya jalan yang bergelombang. Jika daerah tersebut mengalami kebanjiran, tak jarang warga sekitar biasanya akan menaruh benda-benda (bahkan tanaman) sebagai peringatan bagi pengendara lain bahwa ada lubang cukup dalam di jalan. Bila pengendara tak waspada, pengendara tersebut bisa mengalami kecelakaan yang diawali oleh kepleset atau oleng; sedangkan imbas minimalnya adalah kerusakan pada beberapa komponen, seperti kaki-kaki, ban serta pelek pada mobil serta putusnya kabel odometer (atau patahnya velg) pada sepeda motor. Salah satu contohnya kita bisa membaca satu keluhan warga semacam ini: https://bit.ly/2RilzKI.

Penyebab jalan berlubang tersebut adalah air yang mengguyur aspal sedangkan aspal sendiri sebetulnya adalah bahan jalan yang 'tidak ramah' dan mudah rusak jika terkena air. Sedangkan rusaknya jalan itu sendiri adalah terutama karena suatu jalan aspal terkena gempuran air, serta bobot kendaraan yang lebih besar dari daya dukungnya. Jadi, salah satu cara membuat jalan lebih tahan lama adalah menyesuaikan tonase (bobot kendaraan) dengan kekuatan jalan di suatu tempat. Seringnya, pihak berwenang memasang rambu-rambu kelas jalan pada ujung jalan tersebut; tetapi banyak orang yang masih menganggap sepele adanya rambu-rambu tadi, apalagi terdesak oleh kebutuhannya. Penyebab lainnya yang cukup samar dan tak kelihatan secara kasat mata adalah kualitas pembangunan jalan tersebut yang berada di bawah mutu seharusnya atas sebuah jalan. Hal ini mencakup kecurangan dan mengurangi standar teknis dan bahan jalan, akibatnya jalanan tersebut menjadi tidak awet.

Di sisi lain, Sewa Rental Honda Mobilio di Surabaya juga menjumpai adanya kekhususan pada beberapa jalan di Surabaya; dimana jalan-jalan tersebut tidak dibuat dari aspal tapi beton yang mempunyai kekuatan lebih, seperti misalnya di daerah Mayjen Sungkono. Rental Sewa Mobil Livina di Surabaya pernah memperoleh informasi sebuah artikel dimana ada semacam bakteri yang mentransformasi air hujan menjadi kapur yang memperkeras jalan tersebut. Entah apakah teknik serupa juga diterapkan pada jalanan tersebut, namun Sewa Rental Mobil Xpander di Surabayamelihat bahwa jalanan dengan materi beton (dan konon ditambah dengan ini lebih kuat dari jalanan aspal.

Membahas tentang jalan berlubang, Rental Sewa Pickup GranMax di Surabaya pernah mampir ke artikel (tepatnya kritik) yang ditujukan kepada pihak yang dianggap bertanggungjawab terhadap jalan: https://www.jawapos.com/read/2017/02/15/109735/toleransi-lubang-jalan. Meski begitu, bukan berarti artikel tersebut juga tak luput dari 'lubang' atau celah yang tidak dibidik sebagai penyebab lainnya. Seperti yang dipaparkan sebelumnya, penyebab jalan berlubang pun terkadang ada pada masyarakat pengguna jalan juga yang kurang disiplin terhadap karakteristik serta kelas jalan, oknum pejabat 'pemakan upeti' demi bisa lewat serta pihak-pihak yang korup terhadap dana yang dipergunakan untuk perbaikan, penghimpunan dana dari masyarakat yang susah dan lain sebagainya. Misalnya: dana yang terhimpun dari parkir dapat kembali kepada masyarakat dalam bentuk lain, yakni perawatan terhadap infrastruktur dan sarana; tetapi kita juga melihat jika pemasukan daerah lewat parkir ini tidak maksimal disebabkan adanya preman, dan oknum tukang parkir yang tidak beres. Celah-celah seperti ini yang luput diekspos yang menurut Sewa Rental Mobil Perhari di Surabaya mungkin bisa berimbas pada kebebalan masyarakat: maunya menuntut namun kurang menyadari bahwa pemeliharaan jalan adalah persoalan bersama. 

Bila kita sebagai pengguna jalan telah berdisiplin dalam ikut andil merawat jalan sesuai dengan peruntukan dan kelasnya serta sadar akan kewajiban yang berujung pada pemasukan bagi negara, maka yang berikutnya adalah kewajiban pemerintah yang memang perlu ditegur. Jika sebuah artikel hanya memberikan kritik tanpa melihat sisi lain, banyak warganet menyebutnya sebagai 'nyinyir'. Pembiaran terhadap ini bisa berujung efek bola salju yang semakin membesar, dan dapat membuat warganet lain cenderung ikut-ikutan nyinyir yang kedepannya akan tidak menyehatkan bagi media informasi di internet sendiri. Akibatnya secara tidak langsung juga dapat menimpa Rental Sewa Mobil Per-12 Jam di Surabaya, jika ada klarifikasi terhadap apapun lewat artikel pada situs tersebut. Sementara pengeluaran negara lumayan besar hanya untuk membenahi atau memperbaiki jalan, anggaran masing-masing penyedia layanan transportasi (atau bisa juga pemilik kendaraan) juga tak kalah sedikit disebabkan komponen bawah mobil seperti roda serta kaki-kaki yang mudah rusak. Belum lagi distribusi barang yang lebih lama dari biasanya.

Beberapa waktu lalu ada jalan yang terputus tengah kota, tepatnya di daerah Gubeng disebabkan longsornya tanah di bawah jalan tersebut akibat dari pembangunan basement proyek rumah sakit di sebelahnya. Apakah jika demikian dapat langsung dikatakan bahwa hal ini adalah kesalahan pembangun jalan? Di beberapa lokasi penambangan pasir untuk pembangunan, wilayah jalan tersebut diketahui juga rusak karena muatan berlebih truk yang melintas. Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya juga mendapatkan contoh lain yang baru-baru saja terjadi, meski penyebabnya bukan lagi merujuk pada sebuah pihak; tetapi alam—saat bawah pondasi jalan tadi tergerus arus banjir: http://kelanakota.suarasurabaya.net/news/2019/215895-Tergerus-Kedalaman-1,5-Meter,-Jalan-. Dan hal ini mungkin juga disebabkan oleh bagaimana perubahan cuaca di bumi yang diakibatkan oleh banyak faktor.

Masalah lubang jalan ini adalah masalah bersama, dan para ilmuwan di seluruh dunia memikirkan bagaimana cara paling efisien untuk mengatasi hal tersebut. Seperti salah satunya lewat otomatisasi berikut ini: https://youtu.be/yuJ3NDq4AlA. Video tersebut hanyalah sebuah gambaran konsep, dan sebuah mesin konsep pun dapat direalisasikan menjadi mesin yang nyata ataupun sebaliknya.
Akhir kata, sebuah jalan yang rusak, bergelombang dan belum mendapatkan perbaikan mungkin memang terlihat tidak nyaman dilewati oleh Rental Sewa Mobil di Surabaya Barat dan pengguna jalan lain dimana orang harus melaju pelan dan berhati-hati; namun lubang jalan di tengah jalanan mulus mungkin lebih berbahaya bagi kendaraan berkecepatan sedang hingga tinggi serta pengemudi yang tak siap. Semoga Indonesia makin maju dari segi perekonomian sehingga banyak lubang-lubang jalan akan cepat tertangani.
 
 
***
Keterangan gambar: ilustrasi mobil yang melewati jalan aspal berlubang. Sumber: Pixabay/odejacob.

Tag: aturan, biaya, blog, checklist, ekonomi-bisnis, infrastruktur, instansi, jalan-raya, kendaraan, keuangan, komunikasi, konsumen, lalulintas, layanan-jasa, mobil-penumpang, ongkos, pelanggan, pemerintah, pengemudi, pengguna-jalan, perawatan, pihak-berwenang, ramburambu, rental-mobil-di-surabaya, rental-mobil-surabaya, sarana, sewa-mobil-avanza-di-surabaya, sewa-mobil-di-surabaya, sewa-mobil-honda-mobilio-di-surabaya, sewa-mobil-innova-di-surabaya, sewa-mobil-lepas-kunci, sewa-mobil-murah, sewa-mobil-pakai-supir, sewa-mobil-surabaya, sharing, tata-tertib, teknologi, testimoni, transportasi,