Melihat Sekilas Potensi Madura

Pernah ke Madura?
Madura menjadi lebih 'ramai' pasca pembukaan Jembatan Suramadu yang menghubungkannya dengan Pulau Jawa. Dibanding dengan Pulau Bali yang telah lama terbuka dan memesona turis asing, Pulau Madura masih menjadi 'misterius' sebelum Jembatan Suramadu dibangun, bahkan bagi banyak orang Indonesia sendiri. Yang diduga hal ini disebabkan oleh minimnya akses jalur ke Madura. Sewa Rental Mobil Livina di Surabaya menemukan referensi tentang adanya bandara di Madura dimana sebelumnya mengira tak ada bandara di sana; tetapi rupanya bandara tersebut hanya baru-baru saja digunakan untuk jalur penerbangan komersial: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2017/09/27/wow-bandara-pertama-di-pulau-madura-kini-layani-penerbangan-komersial. Jembatan Suramadu sendiri juga merupakan jembatan penghubung sistem kelistrikan pasokan dari Jawa Timur, sehingga saat ada masalah semacam terbakar, maka imbasnya adalah penerangan dan pengurangan pasokan listrik bagi Madura: https://www.facebook.com/SURYAonline/videos/10155752358897905/.

Namun tentu saja membandingkan Madura secara langsung dengan Pulau Bali pun kurang tepat disebabkan status Bali yang merupakan sebuah provinsi. Rental Sewa Honda Mobilio di Surabaya pada paragraf sebelumnya membandingkannya disebabkan pernah diwacanakan akan dibangunnya penghubung Jawa-Bali melalui jembatan seperti halnya Suramadu. Selain itu, besaran/ukuran Pulau Bali dan Madura nyaris sama. Bandara di Bali berkembang lebih dulu karena posisinya sebagai Bandara Internasional dapat terhubung langsung dengan banyak bandara asing di luar negeri; selain itu usianya tergolong lebih tua: dibangun pada tahun 1930 dari referensi wikipedia. Di Bali pun ada beberapa pelabuhan sebagai penghubungnya dengan daerah lain di Indonesia/luar negeri. Mungkin pembandingnya secara pas adalah Nusa Penida di sebelah tenggara Bali—yang sama-sama berdekatan dengan ibukota provinsinya.
Praktis, daerah 'terdekat' Madura adalah Pulau Jawa, terutama daerah Jawa Timur. Meski demikian, beberapa orang Madura juga merupakan perantau sehingga jejak-jejaknya bisa ditemukan di banyak tempat. Bicara tentang Madura, Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya melihat adanya keunikan dimana banyak orang secara humor (bahkan orang Madura sendiri) sering menjadi pengumpul barang bekas dan besi tua. Namun jika dipikir lebih jauh, seorang pebisnis akan melihat peluang dimana orang lain tak ada atau jarang menjamahnya. Jadi, adanya ciri khas itu mungkin yang membuat orang Madura 'terkenal' di bidang tersebut. Rental Sewa Mobil Innova di Surabaya pernah menemukan satu sumber tentang pencari 'harta karun' berupa kapal karam di lautan wilayah Indonesia juga, meski bukan orang Madura. Dan entah legal-tidaknya, hanya memang akan selalu ada orang-orang yang melihat peluang dibandingkan orang lainnya.

Dan... pasca pembukaan Jembatan Suramadu tadi, tamu konsumen Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya pun banyak yang ingin 'mampir' ke Madura, minimal menyeberang Suramadu lalu balik lagi ke Surabaya ^_^
Tetapi saat ini orang mempunyai dua pilihan untuk ke Madura dimana keduanya mempunyai keistimewaannya masing-masing. Yang pertama adalah menggunakan jalur Suramadu tadi dan yang kedua adalah menggunakan feri. Mereka yang kemudian memanfaatkan feri mungkin tak terlalu terjebak antrian seperti saat wahana tersebut menjadi satu-satunya penghubung ke Madura. Tak seperti antrian feri antara Banyuwangi-Bali atau Merak-Bakauheni Lampung.

Kembali ke bahasan Madura, orang Madura juga cukup banyak ditemui di Surabaya yang mencari nafkah dengan berdagang apapun. Beberapa memang dijumpai sebagai pengepul barang bekas atau besi tua, tapi banyak juga yang berjualan makanan atau kuliner. Jangan lupa, petis di Madura punya ciri khas lho. Di Madura kita juga akan menemui olahan yang jarang ditemui di daerah lain seperti rengginang lorjuk, keripik singkong dan lain-lain. Rental Sewa Pickup Grand Max di Surabaya melihat di Madura juga mempunyai pasar wisata (selain pasar tradisional) yang bisa disinggahi untuk oleh-oleh. Selain itu tentu kita akan menemukan banyak penjual oleh-oleh lain yang dapat ditemui sepanjang jalan selepas Suramadu ke Bangkalan. Jadi, agaknya keberadaan Suramadu tadi memang sedikit banyak mendongkrak perekonomian setempat. Apalagi jembatan tol Suramadu tersebut yang saat ini telah digratiskan memang membuat perbedaan dari segi penambahan trafik lalu-lintasnya: https://www.kompasiana.com/dizzman/5bd90760c112fe100e484d43/menjajal-suramadu-setelah-tol-menjadi-gratis. Meskipun demikian, Anda pun masih dapat menggunakan jasa Sewa Rental Mobil Per-12 Jam di Surabaya dengan memilih naik feri jika ingin bernostalgia atau ingin melihat jalur lain.

Lalu bagaimana dengan potensi pariwisatanya? Di Madura ada pertandingan Karapan Sapi yang tersohor. Jika sedang pas ada kompetisinya yang digelar mungkin kita akan beruntung. Dan waktu berlangsungnya kompetisi ini biasanya disebarkan via media sosial—mungkin Anda bisa mencarinya juga via internet atau bertanya melalui otoritas setempat (dinas pariwisata dari beberapa kabupaten di Madura). Dari yang Rental Sewa Mobil Perhari di Surabaya ketahui juga ada wisata pemandangan, seperti Bukit Kapur JaddihBukit Kapur ArosbayaAir Terjun Toroan, Mercusuar Bangkalan dan lain-lain. Anda pun bisa mendengarkan beberapa lagu khas Madura: http://www.maduracorner.com/membaca-karakter-orang-madura-dari-syair-lagu-madura/ jika kebetulan ketemu di internet. Dari sana kita dapat malihat bagaimana orang Madura.
Akhirnya, Anda pun bisa 'memborong' semua sisi plus Madura baik saat ada event atau tidak serta berkeliling bersama Sewa Rental Mobil di Surabaya Barat suatu saat.
 
 

 
 
***
Keterangan gambar: Pembuatan garam di Madura. Sumber: commons.wikimedia.org/Tropenmuseum

Tag: aturan, blog, disewakan-mobil-surabaya, ekonomi-bisnis, harga-sewa-mobil-surabaya, infrastruktur, instansi, jalan-raya, keuangan, komunikasi, konsumen, lalulintas, rental-mobil-di-surabaya, rental-mobil-surabaya, sarana, sewa-mobil-avanza-di-surabaya, sewa-mobil-di-surabaya, sewa-mobil-honda-mobilio-di-surabaya, sewa-mobil-innova-di-surabaya, sewa-mobil-murah, sewa-mobil-pakai-supir, sewa-mobil-surabaya, sharing, transportasi,