Berkaca Dari Masa Lalu

Melihat gambar suatu kota pada saat lampau mungkin bisa menjadi pijakan bagaimana kota tersebut dikembangkan di masa setelahnya. Karena beberapa bangunan yang telah berdiri dan cukup fungsional di masa lalu pun agaknya dipertahankan keberadaannya, meski terkadang ada perombakan dan pemugaran supaya bisa lebih awet atau "menyatu" dengan masyarakat sekarang selain memperhitungkan kondisi terbaru. Tapi ada juga yang benar-benar dipertahankan sesuai dengan karakteristik dan bentuk aslinya, terutama jika bangunan tersebut merupakan identitas suatu daerah/kota.

Saat Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya melihat Kota Pahlawan ini dan sekitarnya, banyak jalan-jalan protokol yang tetap dipertahankan sejak zaman Belanda. Namun memang ada jalan-jalan baru yang lebih sempit dan terbatas saat harus menampung banyak mobil (arus lalin). Jika dibandingkan zaman Belanda dimana suatu jalan digunakan untuk lalu-lintas sedikit mobil, maka sekarang ini memang sudah parah kala jumlah mobil semakin banyak sementara jalan yang ada relatif sama lebarnya atau bahkan berkurang. Hanya, mungkin sudah banyak kita ketahui, kita memang mendapati adanya pelebaran jalan (frontage—yang bahkan melebihi lebar jalan utama di sisi barat) pada jalan Ahmad Yani sekarang, tetapi di banyak jalan lain kita masih mendapati jalan yang semakin padat. Hal ini semata-mata memang dilakukan untuk mengakomodasi kebutuhan akan kelancaran trafik jalan raya yang semakin susah kita dapatkan.

Sebagai contoh perbandingan kondisi saat ini dengan Surabaya masa lalu, mungkin bisa dilihat beberapa foto pada referensi Rental Sewa Mobil Innova Reborn di Surabaya pada situs berikut: https://surabayatempodulu.wordpress.com/ atau pada artikel berikut: http://www.boombastis.com/surabaya-tempo-dulu/18573. Ada banyak perbedaan dimana sungai-sungai di Surabaya masih tergolong 'sehat' karena jarang tercemar dan banyak dimanfaatkan oleh orang kecil; khususnya mereka yang tinggal di dekat sungai. Meskipun demikian, menurut Sewa Rental Mobil Livina di Surabayakondisi Surabaya saat ini cenderung membaik karena ada peran serta berbagai pihak.

Seperti misalnya pada zaman Belanda dimana aturannya melarang pendirian bangunan di sebelah sungai, ternyata di era kemerdekaan ini banyak warga setempat memanfaatkan sungai sebagai lahan usaha sehingga berpotensi mengakibatkan pendangkalan sungai disebabkan kotoran buangan atau debu dari aktivitas warga sekitar sungai tersebut. Belum lagi akan sampahnya. Beberapa tahun lalu, Rental Sewa Pickup Grand Max di Surabaya menjumpai adanya pembongkaran (penggusuran) kawasan usaha rakyat di Kali Jagir. Di banyak daerah juga dibangun saluran air yang lebih besar dari sekadar got. Di beberapa kawasan pun kita tak lagi menjumpai kali kecil di samping jalan, tetapi sudah ditutup dengan box culvert dan aspal untuk memberi ruang lebih kepada pengguna jalan. Namun Sewa Rental Honda Mobilio di Surabaya mengira tujuannya tak hanya itu; mungkin seperti pemagaran jaring-jaring di sungai yang juga ditujukan untuk mencegah masyarakat membuang sampah di kali/sungai.

Mencermati masa lalu pun juga bermanfaat untuk pembangunan di masa kini. Misalnya, banyak orang kini yang tercengang-cengang saat melihat bangunan megah buatan abad-abad awal jauh sebelum era teknologi dimulai. Mungkin banyak orang dan Rental Sewa Mobil di Surabaya Barat melihat banyak gedung di masa lalu sangat kuat dibandingkan di masa kini. Namun kita juga melihat ada 'bangunan lama' di Surabaya dimana secara fisik (tembok, jendela, cerobong, genteng)-nya sangat tebal.
Tetapi Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya berpikir jika membandingkan masa kini dan masa lalu mungkin akan sangat berbeda dari segi pemikiran berdasarkan kondisi. Karena di masa kini, semuanya bakal terukur secara presisi (meski di masa lalu pun menggunakan pengukuran pula) dan cenderung dibuat supaya lebih efisien. Efisien ini bukan selalu 'mengirit' secara bahan, namun agaknya diperhitungkan supaya lebih tepat guna; apalagi ongkos harga bahan semakin mahal. Jika di masa lalu orang akan membuat rumah besar dan luas karena ketersediaan lahan cukup banyak, tidak demikian dengan saat ini dimana populasi telah sedemikian padat. Apalagi dengan mobilitas yang tinggi, bersih-bersih dan perawatan rumah luas ternyata merepotkan juga. Mungkin kita tak akan menemukan rumah semacam ini di masa lalu: https://www.hipwee.com/travel/ajaib-rumah-sekecil-ini-dalamnya-luas-banget-kamu-pasti-nggak-akan-percaya/. Dan meskipun tak luas, tetapi isinya cukup menarik pula.

Namun ada kalanya sebuah gagasan pada masa lalu dapat terulang di masa kini disebabkan kondisi tertentu (atau malah supaya ada pilihan dan variasi bagi pengguna moda transportasi). Rental Sewa Mobil Perhari di Surabaya melihat adanya double decker (bus tingkat) yang mulai dioperasikan di Surabaya baru-baru ini. Di Surabaya sendiri bus tingkat telah dihapus sejak lama, dan kemungkinannya setelah melihat berbagai pertimbangan saat ini diadakan lagi; meskipun konon bus tadi merupakan sumbangan dari salah satu bank yang namanya tercantum pada bus tersebut. Bus tingkat ini memperkuat armada Bus Suroboyo yang ongkos jalannya menggunakan sampah plastik, jadi ada yang merupakan pembeda; mereka yang tidak telaten mengumpulkan sampah plastik pun akan memilih bus kota biasa. Dan tentunya bus yang ada sekarang secara fisik lebih modern dan terkesan kekinian; tidak hanya kaku dan 'kotak' seperti bus kota lainnya. Lainnya, Sewa Rental Mobil Per-12 Jam di Surabaya mendengar desas-desus bahwa akan ada moda trem di Surabaya nantinya. Sebagaimana kita ketahui bersama, pernah ada jalur trem warisan Belanda di jalan Tunjungan yang melewati beberapa jalan lainnya; dan serupa nasibnya dengan bus tingkat tadi.

Kita memang bisa berkaca dari masa lalu dan memetik sesuatu darinya. Tak jauh-jauh kembali ke zaman Belanda, kembali ke saat jalanan belum sepadat sekarang juga bisa menjadi tolok ukur. Seperti potret Jakarta referensi Rental Sewa Mobil Baru di Surabaya dari seorang fotografer media Ibukota berikut: https://steller.co/s/5gyKez9eStd. Pada waktu itu, gedung bertingkat di Jakarta mungkin tak serapat sekarang. Surabaya pun menyusul kondisi ibukota negara tadi, dan ada yang sampai pangling melihat masa lampau dan sekarang begitupun akan berbagai aturan yang menyertainya. Mau tak mau Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya harus menyesuaikan dengan kondisi serta regulasi terbaru supaya tidak berjalan mundur; karena secara fakta ada beberapa usaha yang berhasil menyesuaikan namun ada pula yang sebaliknya: kolaps diterjang zaman.
 
 
 
 
 
***
Keterangan gambar: Di Surabaya ada banyak gedung tua yang mengindikasikan kota ini berdiri mempunyai 'sejarah' panjang. Dan ada banyak aspek yang bisa dipelajari dari sana. Sumber: Pixabay/astama81.

Tag: aturan, biaya, blog, disewakan-mobil-surabaya, ekonomi-bisnis, harga-sewa-mobil-surabaya, infrastruktur, instansi, jalan-raya, kendaraan, komunikasi, konsumen, lalulintas, layanan-jasa, mobil-sewaan-surabaya, pemerintah, pengguna-jalan, pihak-berwenang, rental-mobil-di-surabaya, rental-mobil-surabaya, sarana, sewa-mobil-avanza-di-surabaya, sewa-mobil-di-surabaya, sewa-mobil-honda-mobilio-di-surabaya, sewa-mobil-innova-di-surabaya, sewa-mobil-lepas-kunci, sewa-mobil-murah, sewa-mobil-pakai-supir, sewa-mobil-surabaya, sharing, transportasi,