Perlunya Kita Berkonsentrasi Di Mana Saja

Konsentrasi adalah sesuatu yang dibutuhkan saat kita melakukan hal yang penting. Bisa ujian, bekerja, berkarya, berkendara dan lain sebagainya. Dengan berkonsentrasi, perhatian kita akan dapat terfokus pada satu hal yang kita kerjakan tadi.
Namun hanya sebagian kecil dari kita yang mampu berkonsentrasi dengan baik di saat-saat tertentu, khususnya jika tubuh dan pikiran kita lelah. 

Sementara itu, perkembangan teknologi membuat segala hal menjadi lebih mungkin dijangkau oleh kebanyakan orang. Di berbagai tempat mungkin kita menjumpai adanya papan reklame videotron LED. Papan reklame tersebut lebih menarik dari papan reklame konvensional karena mempunyai gambar bergerak dengan animasi yang bagus. Jika konsentrasi kita bagus, mungkin kita akan terus berkendara tanpa 'termakan' oleh gambar-gambar iklan tersebut. Dan sebaliknya, bila perhatian kita mudah teralihkan mungkin konsentrasi kita dalam mengemudi bisa buyar. Papan reklame jenis ini ada beberapa di dekat kantor Sewa Rental Mobil Innova di Surabaya, berjajar di jalur hijau jalan Bukit Darmo Boulevard di depan dua mall yang saling berhadapan. 

Papan-papan videotron tadi mungkin bisa lebih tepat jika ditempatkan pada lampu merah atau jalan dimana sering terjadi kemacetan supaya lebih efektif. Meski demikian, beberapa waktu lalu Rental Sewa Pickup Grand Max di Surabaya menjumpai seorang warga menulis melalui kolom pembaca sebuah koran terbesar di Jawa Timur tentang penempatan papan reklame videotron di persimpangan Kertajaya - Pucang Anom/Dharmawangsa yang menurutnya mengganggu perhatian pengendara di jalan. Namun hingga detik ini, Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya masih menjumpai adanya papan videotron LED tersebut bertengger di tempatnya; sebagai tanda bila papan tersebut tidak dianggap membahayakan oleh pemangku kepentingan (yang entah jika ada sebab lain).

Rental Sewa Honda Mobilio di Surabaya sendiri tak menganggap papan iklan tersebut berbahaya disebabkan lebih mementingkan berkonsentrasi ke jalan ketimbang hal yang tidak substansial dan tidak berhubungan dengan berlalu-lintas, lagipula tampilan visualnya mungkin dapat sedikit mengalihkan kejenuhan juga jika pas berhenti pada lampu merah. Meski kami sadar, mungkin ada orang yang tak setuju juga dengan apa yang dituliskan dalam paragraf artikel Sewa Rental Mobil Livina di Surabaya ini disebabkan kesulitan berkonsentrasi tadi.

Yang lebih patut diwaspadai oleh Rental Sewa Mobil Per-12 Jam di Surabaya yang berhubungan dengan teknologi serta jalan raya mungkin adalah tren permainan berburu monster Pokemon Go beberapa tahun lalu. Game ini menggunakan teknologi AR dan GPS yang belum pernah ada sebelumnya. Para pemain dari game ini pun menyasar tempat-tempat publik serta privat, banyak diberitakan kurang beretika dengan meminta izin untuk masuk ke dalam ranah pribadi dan terkadang tidak mengindahkan keselamatan mereka sendiri di jalan raya karena perhatian mereka tertuju pada layar ponsel. Tujuannya pun hanya satu yakni untuk menangkap monster tadi.
Hingga beberapa kali diberitakan kecelakaan disebabkan ketidakpedulian mereka terhadap lingkungan sekitarnya: http://otomotif.liputan6.com/read/2555009/lagi-kecelakaan-akibat-berburu-pokemon. Bahkan hingga ada kekhawatiran pemerintah disamping surat edaran tentang pelarangan main Pokemon Go serta kemungkinan pencurian rahasia negara dari pengaksesan permainan ini di gedung-gedung objek vital (yang seharusnya terlarang untuk pengambilan gambarnya): https://news.detik.com/berita/3258095/surat-edaran-menpanrb-larang-pns-main-pokemon-go-di-instansi-pemerintah.

Untungnya tren tersebut tidak bertahan bertahun-tahun, meski keberadaannya masih perlu diwaspadai disebabkan game tersebut masih eksis hingga kini; hanya dengan pemain jauh lebih sedikit. Namun Sewa Rental Mobil Perhari di Surabaya menjumpai adanya laman sebuah forum tentang bertambahnya fitur game dan penambahan jumlah monster yang harus diburu: https://www.kaskus.co.id/thread/5b1f40d256e6af8e2b8b456b/5-alasan-kenapa-gansis-harus-install-lagi-game-pokemon-go/. Entah apakah ini masih cenderung membahayakan banyak pengemudi sekarang. Dan di atas semuanya, game ini cukup membuat pemerintah banyak negara turun tangan.

Sebuah perangkat kacamata pun diketahui mempunyai sensor yang berhubungan dengan konsentrasi seseorang: https://dailysocial.id/post/narbis-adalah-kacamata-yang-bisa-membantu-anda-berlatih-konsentrasi. Sementara yang ditayangkan pada acara Channel Japan, sebuah perangkat kacamata lain pun digunakan suatu perusahaan jepang untuk mengukur kadar konsentrasi karyawannya demi meningkatkan performa karyawan tadi saat bekerja. Ada pasang-surut konsentrasi karyawan pada waktu-waktu tertentu, jadi karyawan diharapkan bekerja maksimal (atau memperbaiki letak kerjanya demi beroleh kerja maksimal). Berbeda dengan kacamata pertama tadi yang menerapkan pemindaian otak, sensor kacamata ini relatif sederhana yakni menghitung jumlah kedipan mata dalam sekian waktu; dimana semakin banyak kedipan mata seseorang akan dianggap sedang tidak dalam konsentrasi penuh. Masih berhubungan dengan perangkat konsentrasi, Rental Sewa Mobil Plus Sopir di Surabaya  menemukan artikel menarik lain dimana sebuah perangkat dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi seseorang: https://www.merdeka.com/teknologi/alat-ini-mampu-membuat-pikiran-fokus.html. Entah soal kinerjanya, namun saat artikel ini ditayangkan, harga perangkat terakhir ini sekitar $173 di laman Amazon. Pastinya semuanya akan bisa membaca review atau testimonial dari para penggunanya.

Terkait dengan konsentrasi, Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya mendapatkan video pada satu grup media sosial tentang seorang pengemudi motor pun ketiban sial saat kehilangan keseimbangan waktu berkendara: https://www.facebook.com/groups/100556436766949/permalink/1208659232623325/. Dari yang tampak, si pengemudi sejenak memalingkan wajahnya ke arah kiri dan ketika dia mengarahkan lagi perhatiannya ke arah jalan, nampaknya dia terkejut saat mendapati motornya hampir keluar aspal karena kelokan jalan. Konsentrasi dan refleksnya lenyap untuk banting setir segera mengikuti alur jalan tersebut; sementara laju motornya masih cukup tinggi untuk direm.
Jadi, kita perlu waspada pula terhadap pengalih perhatian apapun yang wujudnya bukan hanya ponsel atau gawai saja. Penggunaan gawai (gadget) sendiri sudah dilarang saat berkendara sebelumnya, baik untuk SMS, telepon dan lainnya. Di luar sanksi tilang atau denda yang menyertainya, nampaknya kita pun harus peduli terhadap keselamatan diri sendiri serta orang lain di sekeliling kita. Tanggung jawab dan kepedulian kita terhadap keamanan dan keselamatan mungkin adalah segalanya.
 
 
 
 
 
***
Keterangan gambar: Stres dapat menurunkan konsentrasi. Sumber: Pixabay/caio_triana.

Tag: antar-jemput, aturan, bahan-bakar, biaya, blog, checklist, customer-service, disewakan-mobil-surabaya, drop-off, ekonomi-bisnis, etika-berkendara, garasi, google-twitter-tumblr-facebook-linkedin, harga-sewa-mobil-surabaya, infrastruktur, instansi, jalan-raya, karyawan-dan-staf, kelengkapan, kendaraan, keuangan, komunikasi, konsumen, lalulintas, layanan-jasa, marka-jalan, media-sosial, mobil-angkutan, mobil-penumpang, mobil-sewaan-surabaya, nomor-kontak, on-time, ongkos, online, pelanggan, pemerintah, pengemudi, pengendara, pengguna-jalan, perawatan, pihak-berwenang, polisi, promo, ramburambu, rental-mobil-di-surabaya, rental-mobil-surabaya, sarana, selebritas, sewa-mobil-avanza-di-surabaya, sewa-mobil-di-surabaya, sewa-mobil-honda-mobilio-di-surabaya, sewa-mobil-innova-di-surabaya, sewa-mobil-lepas-kunci, sewa-mobil-murah, sewa-mobil-pakai-supir, sewa-mobil-surabaya, sharing, supir-sewaan-surabaya, surat-penting, tata-tertib, teknologi, telepon, testimoni, tips-dan-trik, transportasi, website,