Antara Klakson dan Sirine Kendaraan

Klakson merupakan salah satu kelengkapan pada kendaraan. Bahkan menjadi salah satu perlengkapan yang wajib ada jika merunut pada UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu-lintas, seperti yang dipersyaratkan pada bab kelayakan jalan pada pasal 48 ayat (3):
Persyaratan laik jalan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditentukan oleh kinerja minimal Kendaraan Bermotor yang diukur sekurang-kurangnya terdiri atas:
a. ..;
b. ...;
c. ...;
d. ...;
e. ...;
f. suara klakson;
g. ... dst.

Tak disangka, suara klakson yang tadinya hanya sebagai pemberitahuan akan adanya keberadaan kendaraan kita untuk seseorang atau pengendara di depan pun diketahui berevolusi ke dalam beberapa hal. Sewa Rental Honda Mobilio di Surabaya melihat salah satu yang menjadi daya tarik anak-anak adalah klakson 'telolet' yang sering dibunyikan bus-bus antar-propinsi bahkan menjadi viral di dunia maya secara internasional: http://www.billboard.com/articles/news/dance/7632331/om-telolet-om-djs. Bunyi klakson mobil itu sendiri cukup unik dan terdengar seperti bersahut-sahutan dalam sekali tekan tombol. Suaranya yang cukup khas juga mengisyaratkan kendaraan di depannya bahwa itu adalah bus. Namun ternyata ada yang 'iseng' melengkapi motornya dengan klakson seperti itu sehingga cukup menipu beberapa orang yang mengenal suaranya.

Sementara itu, populasi kendaraan sendiri semakin banyak. Jadi bila banyak kendaraan ini membunyikan klaksonnya secara bersamaan tentunya akan mengganggu dan bising. Ada pula wilayah-wilayah tertentu yang diketahui Rental Sewa Pickup Grand Max di Surabaya dimana kita dilarang membunyikan klakson, seperti di dekat rumah ibadah atau pusat beribadatan dan area dimana ada rambu dilarang mengklakson (disimbolkan dengan bentuk terompet).
Ada beberapa kondisi dimana seseorang mengklakson, yang biasanya didahului oleh kejengkelan namun ogah mengumpat. Salah satunya adalah ketika ada yang menyerobot (atau memotong jalan). Nampaknya hal ini pun berlaku di banyak tempat, seperti satu referensi yang ditemukan Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya berikut: http://otomotif.metrotvnews.com/tips/ob3BY4oN-pahami-etika-membunyikan-klakson-di-jalan-raya

Jadi, membunyikan klakson pun tetap ada etika dan aturannya. Dan meskipun tak terlalu perlu bertindak demikian, mengklakson bisa menjadi pengingat kepada orang lain jika jalanan bukan hanya milik satu orang. 'Mengklakson dengan etika' tersebut agaknya dimaksudkan supaya tidak terjadi 'panas-panasan' dan emosi dari pengguna jalan. Karena jalanan yang macet karena sesuatu (atau terjadinya pengendara yang ugal-ugalan) dimana orang terpicu untuk mengklakson terus-menerus pun rawan menyulut amarah. 
Seorang penulis yang saat ini tinggal di Jepang pun mengungkapkan jika tindakan mengklakson orang pun bukan termasuk yang sering dilakukan warga yang sejak awal dididik untuk menghargai orang lain dan tidak saling mengganggu: http://www.kompasiana.com/weedykoshino/jokowi-orang-jepang-bukan-sih_5729b91bd27e616f048b4568. Andai hal ini dipahami oleh setiap pengguna jalan mungkin jalanan akan lebih hening dan 'bersahabat'. 

Di sisi lain, Rental Sewa Mobil Livina di Surabaya menemukan fakta menarik: yakni mobil-mobil pintar yang mempunyai kecerdasan buatan (autonomos) yang marak dikembangkan saat ini pun diketahui juga mempunyai pemikiran untuk mengklakson sendiri: http://www.theverge.com/2016/6/2/11840352/google-self-driving-car-honk-autonomous-vehicle. Namun menurut tautan tersebut, malah manusianya sendiri yang ternyata banyak mengklakson 'secara serampangan' atas perilaku orang lain di jalan raya ketimbang sistem komputer otomatis tersebut.

Fakta menarik lain terjadi di India, ketika kuantitas klakson perjamnya bisa terhitung banyak. Videonya bisa diakses pada tautan berikut: https://www.facebook.com/playgroundenglish/videos/647608225572511/. Sewa Rental Mobil Innova Reborn di Surabaya melihat gambaran kasarnya dari yang tersirat adalah semrawutnya lalin, serta kurang sabarnya pengendara akan situasi yang ada atau kurang sadarnya masyarakat terhadap kepentingan orang banyak lainnya sehingga polusi suara menjadi sedemikian peliknya. Bagaimana bila hal semacam ini terjadi di Surabaya? Rental Sewa Mobil Perhari di Surabaya kurang dapat memastikan akibatnya, hanya kemungkinan 'penghobi klakson' tersebut akan dipelototi banyak pengguna jalan lain.

Serupa dengan klakson, sirine juga bersuara lumayan keras. Hanya fungsinya memang beda. Sirine ini dibunyikan biasanya sebagai tanda keberadaan suatu kendaraan juga yang biasanya termasuk kategori 'lebih penting' dari lainnya. Sirine ada pada mobil polisi, pengawal pejabat, ambulans, serta pemadam kebakaran. Sirine juga dibunyikan saat suatu gedung tertentu mengalami kebakaran, gempa atau musibah lainnya. Jadi memang dibuat supaya cepat menarik perhatian massa atau pengguna kendaraan di jalan supaya menyingkir.
Khusus untuk kendaraan, seringnya sirine menjadi 'satu paket' dengan lampu rotator dimana tak semua kendaraan diperbolehkan menggunakannya, disebabkan kendaraan yang menggunakannya mempunyai keistimewaan yakni 'hak utama' atau hak melaju lebih dulu. Aturan lengkapnya ada pada tautan berikut: https://otomotif.kompas.com/read/2017/10/10/092500915/baca-ini-aturan-soal-rotator-dan-sirene. Jika ada banyak kendaraan ingin melaju lebih dulu, tentu lalin akan semrawut seperti arus lalin yang banyak dijumpai di negara-negara Asia Selatan. Tak perlu datang langsung ke sana, videonya bisa dijumpai di banyak channel youtube dan media sosial. Dan tak ingin mengikut barisan pengendara yang suka memanfaatkan sikon, Sewa Rental Mobil Per-12 Jam di Surabaya sendiri berpikir tak perlu 'nebeng' di belakang 'mobil penting' yang melaju kencang karena etika berkendara serta mementingkan keselamatan diri dan orang lain.
 
 
 
***
Keterangan gambar: keluaran klakson pada salah satu jenis mobil. sumber: pixabay/PublicDomainPictures