Pasar Rakyat di Surabaya

Pasar rakyat adalah sarana penting di Surabaya. Tempat bertemunya penjual dan pembeli yang dikelola PD Pasar Surya ini adalah salah satu tempat favorit bagi sebagian besar warga Surabaya mencari dan memenuhi kebutuhannya. Sebelum Anda menghubungi Sewa Rental Mobil Per-12 Jam di Surabaya, pastikan Anda mengunjungi tautan berikut yang mempunyai akses ke beberapa pasar rakyat di Kota Pahlawan ini: http://www.pasarsurya.com/ karena di dalamnya mungkin ada beberapa informasi yang bermanfaat bagi Anda.

Namun masih ada kelemahan saat Rental Sewa Mobil Avanza di Surabaya mencoba mengakses menu 'Wisata Belanja' pada saat menulis artikel ini, beberapa sub-menunya tidak tampil. Padahal sub menu yang belum ada halamannya/tautannya tersebut mungkin tergolong penting bagi beberapa orang. Tapi bisa jadi karena sub menu website yang 'kosong' ini tidak merupakan kekhususan di suatu pasar dan relatif merata ketersediaannya di semua pasar; atau karena pasar tersebut bukan termasuk lingkup dan binaan dari PD Pasar Surya. 
Seperti misalnya rempah-rempah yang banyak dijual di Pasar Pabean, jl. Songoyudan Surabaya, atau Pasar Keputran yang legendaris meski di lebih banyak menjual sayuran. Hal-hal semacam ini rasanya penting buat sebagian pelanggan Sewa Mobil Honda Mobilio di Surabaya yang kebanyakan adalah pebisnis atau dari kalangan perusahaan. Karena terkadang, mungkin secara tak kita sadari membutuhkan bahan-bahan tersebut; terlebih bila mempunyai usaha restoran, atau jika perusahaan penyewa mempunyai kantin di dalam perusahaan dan tidak mempunyai pemasok dari kalangan pertanian.

Sesuai dengan tata kota zaman kolonial Belanda, banyak pasar rakyat yang berada di seberang atau sekitar stasiun kereta. Hal ini bisa dipahami karena zaman dulu, pengiriman barang-barang serta hasil tani/perkebunan banyak yang melalui kereta api, sedangkan saat ini malah banyak yang telah menggunakan pickup atau truk. Tapi Rental Sewa Pickup Grand Max di Surabaya juga menjumpai pasar-pasar tradisional yang jauh dari stasiun dan mungkin tergolong bangunan pasar baru. Sebagai contoh Pasar Pucang Anom, Pasar Bratang dan lain-lain. Tentang Pasar Bratang ini selain terkenal pada area pedagang burungnya juga pada stan Bunga dan perlengkapan perkebunannya yang cukup strategis di pinggir jalan, mirip di Pasar Bunga Kayoon meski areanya sendiri tidak terlalu luas.

Saat ini Pasar Rakyat sedang berbenah menuju lebih modern dan terstandar. Pasar Rakyat yang dulunya becek, kumuh, serta jorok bagi beberapa orang yang peduli terhadap higienitas perlahan dikurangi. Apalagi mulai tahun 2015 Pemerintah menetapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) 8152:2015 Mengenai Pasar Rakyat: http://www.bsn.go.id/main/berita/berita_det/6210/SNI-8152-2015-Tingkatkan-Perlindungan-Konsumen--Pedagang--Pengelola-serta-Daya-Saing-Pasar. Jadi bukan semata seperti Pasar Tradisional Wonokromo yang berubah menjadi pusat belanja modern Darmo Trade Center (pedagang lama pasar tradisionalnya menempati lantai paling bawah gedung), tetapi ada beberapa poin lain yang bisa diperhatikan pada SNI Pasar Rakyat ini. Antara lain:
- Kios tidak menutupi arah angin dengan sirkulasi udara dan pencahayaan yang bagus.
- Fasilitas pasar bisa diakses siapa saja termasuk lansia dan penyandang difabel.
- Tempat dagang dipisah sesuai dengan jenis produk yang dijual.
- Tempat parkir proporsional dengan luas pasar.
- Tersedianya tempat ibadah, area merokok, menyusui, pos kesehatan, area hijau, tempat berkumpul dan toilet yang bersih.
- CCTV, pos keamanan dan kantor pengelolaan yang selalu siap membantu dan memberi informasi.
- Pengelolaan air limbah dan sampah serta drainase yang terstruktur.
poin tersebut Sewa Mobil Surabaya kutip dari tautan berikut: https://www.facebook.com/80498288356/photos/a.224287313356.132794.80498288356/10154906713643357/?type=3&theater

Lumayan 'berat' persyaratannya, tetapi Sewa Rental Mobil Innova di Surabaya optimis hal ini akan tercapai di masa yang mendatang seiring membaiknya perekonomian. Pasar rakyat yang terstandar akan lebih meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk datang dan memanfaatkannya. Tapi tentu saja hal ini tidak bisa langsung diterapkan pada semua pasar yang ada karena setiap daerah pasti mempunyai skala prioritas. Sebagai ilustrasi saja, bukankah masyarakat juga lebih suka berbelanja di tempat yang nyaman ketimbang sekedar murah? apalagi jika kemudian harganya murah juga pasti akan berbondong-bondong datang ke sana.

Di sekitar Surabaya yang termasuk wilayah Sidoarjo juga terdapat Pasar Induk yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur yakni Puspa Agro Jatim. Inilah situsnya yang bisa Anda akses: http://puspaagrojatim.com/. Sewaktu Sewa Rental Mobil Perhari di Surabaya mengintip ke dalam situs tersebut, nampak beberapa prestasi yang mampu ditorehkan oleh pasar ini. Kelasnya memang lebih besar dari Pasar Rakyat atau Pasar Tradisional umumnya, pemasok pedagang pasar tersebut pun rasanya juga mempunyai kelas yang berbeda. 

Jika kita tinjau lagi, ada banyak keunikan yang tersebar di Pasar Rakyat. Tentunya hal ini akan kita ketahui jika kita terjun langsung ke lokasinya. Kota Surabaya yang diposisikan sebagai pintu gerbang ke arah Indonesia Timur pun bisa mempunyai banyak peluang yang mungkin tak kita ketahui sebelumnya. Tak menutup kemungkinan kita akan bertemu partner atau seseorang yang bisa diajak kerja sama dengan pasar yang berbeda dari mall. Bila Anda mempunyai kebutuhan demikian, Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya pun bisa mengantar Anda berkeliling di beberapa Pasar Rakyat di Surabaya dan sekitarnya. 
 
 
 
 
*ilustrasi gambar: salah satu barang yang dijual di pasar rakyat. sumber: commons.wikimedia.org/Edi Wibowo

Tag: disewakan-mobil-surabaya, harga-sewa-mobil-surabaya, mobil-sewaan-surabaya, rental-mobil-di-surabaya, rental-mobil-surabaya, sewa-mobil-avanza-di-surabaya, sewa-mobil-di-surabaya, sewa-mobil-honda-mobilio-di-surabaya, sewa-mobil-innova-di-surabaya, sewa-mobil-lepas-kunci, sewa-mobil-murah, sewa-mobil-pakai-supir, sewa-mobil-surabaya, supir-sewaan-surabaya, testimoni,