Macet di Surabaya dan Solusinya (I)

*gambar: Macet di jl Sudirman, Jakarta [credit: Serenity/commons.wikimedia.org]

 

Tak ada yang suka dengan kemacetan. Tapi sebagaimana kota besar di Indonesia bahkan dunia, kemacetan ini tak bisa dihilangkan begitu saja tanpa adanya solusi yang memadai. Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya sendiri juga menghadapi apa yang namanya macet ini di setiap harinya di ibukota provinsi Jawa Timur ini. Jam-jam padat di jalan ini berkisar antara jam enam hingga jam sembilan pagi dimana anak sekolah berangkat atau masuk sekolah, yang berlanjut dengan jam masuk kerja karyawan kantor. Lalu jam sebelas hingga jam satu siang dengan modus waktu istirahat kantor dan pulang sekolah. Setelahnya lagi masih ada jam sibuk yaitu jam empat sore hingga jam enam petang yang merupakan jam umum pulang kantor atau pabrik.

Di Kota besar seperti Jakarta, problem kemacetan ini malah lebih parah dari Surabaya. Seorang rekan harus bangun lebih pagi lalu berangkat kerja jam enam pagi untuk masuk dua jam setelahnya; padahal bila dilihat dari peta jaraknya juga tidak sejauh jarak tempuh dari Surabaya ke kota lain yang berjarak sejam perjalanan dengan kecepatan 'bijaksana'. Jika terus dibiarkan, problem kemacetan ini akan terus menghasilkan sesuatu yang tidak produktif tapi menyedot sumber energi yang tidak sedikit.

Misalnya saja: polusi udara yang tebal pada satu ruas jalan yang padat. Panas dan asap pada ruas jalan ini menghabiskan kualitas udara bersih di sekitar tempat tersebut. Ketika polusi dan panas merajalela pada suatu kawasan, biasanya orang akan menyalakan AC atau kipas angin sebagai kompensasi dari kenaikan suhu udara ini—yang imbasnya akan ke sumber daya listrik. Kalau mobil... tentu pengemudinya akan menutup pintu, menyalakan AC yang tentunya akan mengambil bahan-bakar dari mobil tersebut ketimbang pada saat normal.

Lho, memang bagaimana pada saat normal? Sepengamatan Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya, beberapa orang lebih suka dengan semilir angin dengan membuka sedikit jendela supaya ada angin masuk. Kalau bukan karena sangat gerah sekali atau panasnya, ada orang yang mengirit bahan-bakarnya dengan mematikan AC dan lebih memilih hembusan angin yang alami.

Di dalam Kota Surabaya sendiri, ada jembatan layang baru di kawasan Pasar Kembang yang beberapa waktu lalu sempat menjadi sorotan terkait dengan statusnya yang pernah menjadi jalur trem, mengingat rel yang ada pada suatu jalan tidak boleh dibongkar. Selain itu juga terjadi konflik karena pipa PDAM yang sempat bocor dalam proses yang berimbas aliran air yang sempat mati selama beberapa hari. Namun setelah melewati banyak hal seperti kemacetan yang parah di jalur tersebut akibat pembangunan layang (karena juga merupakan persimpangan dari berbagai arah), ternyata jembatan layang Pasar Kembang kini berdiri dan mampu mengurai arus lalin dengan baik. Sewa Mobil Pregio di Surabaya pun terbantu saat bisa memanfaatkannya untuk mengantar tamu lebih cepat bila melewati rute tersebut. Jembatan Layang ini menjadi salah satu solusi yang efektif guna menyalurkan arus lalin dengan lebih baik seperti halnya utasan kabel yang menghubungkan jalur arus pada PCB (papan sirkuit elektronik) agar tidak terjadi hubungan pendek.

Rental Mobil Elf di Surabaya pun terkadang menjelajahi daerah-daerah sekitaran Tandes-Surabaya dimana box culvert dibuat untuk menutupi permukaan sungai sehingga bisa digunakan sebagai jalan. Beberapa sungai kecil di Surabaya pun dijadikan demikian untuk melebarkan jalan di atasnya demi mengurai kemacetan, sebagai contoh lainnya di jalan Semolowaru serta Nginden Semolo yang merupakan lingkungan kampus. Hal ini juga dipraktikkan di berbagai belahan dunia, dimana beton box culvert juga dimanfaatkan untuk membuat jalan baru diatas selokan atau saluran air.

(bersambung).

Tag: disewakan-mobil-surabaya, harga-sewa-mobil-surabaya, mobil-sewaan-surabaya, rental-mobil-di-surabaya, rental-mobil-surabaya, sewa-mobil-avanza-di-surabaya, sewa-mobil-di-surabaya, sewa-mobil-elf-di-surabaya, sewa-mobil-honda-mobilio-di-surabaya, sewa-mobil-innova-di-surabaya, sewa-mobil-lepas-kunci, sewa-mobil-murah, sewa-mobil-pakai-supir, sewa-mobil-pregio-di-surabaya, sewa-mobil-surabaya, supir-sewaan-surabaya, testimoni,